Selasa, 02 Juni 2009

SAMPAH ; Hal Sepele Yang Tidak Harus Di Sepelekan!!

Kota Jakarta pada tahun 1985 menghasilkan sampah sejumlah 18.500 m3 per hari dan pada tahun 2000 meningkat menjadi 25.700 m3 per hari. Jika dihitung dalam setahun, maka volume sampah tahun 2000 mencapai 170 kali besar Candi Borobudur (volume Candi Borobudur = 55.000 m3). [Bapedalda, 2000]. Selain Jakarta, jumlah sampah yang cukup besar terjadi di Medan dan Bandung.

Semua hal yang dilakukan oleh manusia yang bersifat baik maupun buruk, pasti mempunyai dampak yang sangat signifikan. Contoh yang nyata adalah permasalahan “sampah” di kota-kota besar yang berada di Indonesia.

Sampah memang terlihat sebagai permasalahan yang sepele, namun dari hal yang kita kesampingkanlah, dapat menjadi suatu masalah yang besar bahkan dapat menjadi bencana bagi negara ini. Seperti yang kita ketahui pada pertengahan 2007, kota Bandung sempat dijuluki sebagai “kota sampah” karena, memang di setiap persimpangan, trotoar, bahkan di depan gedung instansi daerah, terdapat gunungan sampah. Tidak terkecuali di depan salah satu sekolah dasar negri Bandung menjadi tempat pembuangan sampah (TPS).

Dari kasus-kasus seperti diataslah, yang menjadi alasan dasar penulis berusaha untuk menyikapi fenomena yang sedang berkembangan menuju suatu bencana nasional yang apabila tidak di tindak lanjuti secara cermat.

Pada umumnya, sebagian besar sampah yang dihasilkan di Indonesia merupakan sampah basah, yaitu mencakup 60-70% dari total volume sampah. Oleh karena itu pengelolaan sampah yang terdesentralisisasi sangat membantu dalam meminimasi sampah yang harus dibuang ke tempat pembuangan akhir. Pada prinsipnya pengelolaan sampah haruslah dilakukan sedekat mungkin dengan sumbernya. Selama ini pengleolaan persampahan, terutama di perkotaan, tidak berjalan dengan efisien dan efektif karena pengelolaan sapah bersifat terpusat. Misanya saja, seluruh sampah dari kota Jakarta harus dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di daerah Bantar Gebang Bekasi. Dapat dibayangkan berapa ongkos yang harus dikeluarkan untuk ini. Belum lagi, sampah yang dibuang masih tercampur antara sampah basah dan sampah kering. Padahal, dengan mengelola sampah besar di tingkat lingkungan terkecil, seperti RT atau RW, dengan membuatnya menjadi kompos maka paling tidak volume sampah dapat diturunkan/dikurangi.


Alternatif Pengolahan Sampah

Prinsip-prinsip yang juga bisa diterapkan dalam keseharian misalnya dengan menerapkan Prinsip 4R yaitu:

ü Reduce (Mengurangi); sebisa mungkin lakukan minimalisasi barang atau material yang kita pergunakan. Semakin banyak kita menggunakan material, semakin banyak sampah yang dihasilkan.

ü Reuse (Memakai kembali); sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai, buang). Hal ini dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum ia menjadi sampah.

ü Recycle (Mendaur ulang); sebisa mungkin, barang-barang yg sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Tidak semua barang bisa didaur ulang, namun saat ini sudah banyak industri non-formal dan industri rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain.

ü Replace (Mengganti); teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang barang yang hanya bisa dipakai sekalai dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, Misalnya, ganti kantong keresek kita dnegan keranjang bila berbelanja, dan jangan pergunakan styrofoam karena kedua bahan ini tidak bisa didegradasi secara alami.


Tidak ada komentar:

Banner.... Blog.... Blog.... Blog.... ~.O