Kamis, 07 Mei 2009

BLIND POWER: Berdamai dengan Kegelapan karangan Eko Ramaditya Adikara.



Siapa Rama tentunya sudah banyak yg kenal, terutama sejak kemunculannya beberapa kali di layar TV. Yg paling menggugah adalah penampilan Rama bersama beberapa ‘rekannya’ di acara Kick Andy di Metro TV.

Meskipun penulis sudah memberikan penjelasan di halaman kata pengantarnya bahwa buku ini. Sama sekali tidak dimaksudkan untuk mengeksploitasi “kekurangannya” Rama hanya untuk sekedar meraih simpati atau belas kasih pembaca, namun tidak dapat di pungkiri, saya terharu membaca bab awal yang menceritakan kisah hidup seorang Rama kecil.

sejak awal ia memang sudah “luar biasa” bukan hanya karena, dia berbeda dengan kita yg “biasa” ini. Bayangkan saja, Rama tidak tahu kalau sebenarnya dia adalah seorang tunanetra sampai berusia 6 tahun karena memang orang tuanya tidak memberitahukan hal itu, serta memperlakukan dirinya layaknya anak “normal” lainnya! Jadi sampai umur 6 tahun yg dia tahu soal kehidupan “normal” adalah ya kehidupannya yg dia jalani saat itu, yang di liputi oleh “kegelapan”.

Hal tersebut merupakan satu langkah berani dari orang tua Rama. Pola pendidikan dan pengasuhan oleh orang tua dengan mengedepankan disiplin, etos kerja dan tidak memanjakannya telah menjadi fondasi kekhidupan yang berbekas/kuat bagi Rama untuk menjalani kehidupannya di kemudian hari kelak dengan kuat, tegar dan tidak cengeng. Hal yg mungkin sudah mulai kurang diterapkan oleh kebanyakan orang tua dewasa ini, dan melihat pola perilaku sebagian anak-anak muda sekarang yang penuh dengan hura-hura.

Yang juga sangat unik dan luar biasa dari seorang Rama adalah pilihannya pada lahan kerjanya yangg di luar “pakem” seorang tunanetra. Ia membuat musik ilustrasi untuk game, dunia komputer dan internet yang sarat dengan teknologi, bahkan ia memabangung situs/web yg di maintain sendiri www.ramaditya.com pokoknya cool abis! Rama juga piawai dengan urusan jurnalistik dan bahasa/komunikasi. Saya kira masih segudang talent serta aktivitas lain yg sedang dan yang akan dijalaninya kalau mengingat dari semangatnya yg luar sangat biasa!


Singkatnya, Rama telah berhasil untuk menginspirasi banyak orang, baik orang “biasa” seperti kita maupun orang-orang “luar biasa” lainnya. Salut dan selamat untuk Rama, terus berkarya dan menebar “cahaya” dalam “kegelapan” inspirasi!

Tidak ada komentar:

Banner.... Blog.... Blog.... Blog.... ~.O